Kalianom, Prestise Sejarah Dibalik Namanya

Hai Anomika, kali ini saya akan membagikan artikel ringan tentang desa saya. Yang mana desa ini mempunyai History tersendiri. Oke simak baik-baik ya. :)

Oke, Salah satu dusun di Slogoretno Jatipurno ini bernama kalianom, sebuah desa yang letaknya tidak jauh dari ibukota kecamatan yang mana akses ke daerah ini tidaklah terlalu sulit apalagi medan yang ada mudah sekali dilalui oleh berbagai kendaraan, mulai dari kendaraan roda dua maupun roda empat.

kali ini saya akan menjelaskan sedikit makna dari nama kalianom ini sendiri yang mana bertolak belakang dengan keadaan aslinya yang saya kutip dari beberapa sumber di internet yang terpercaya.

Kenapa desa ini bernama kalianom pun sampai sekarang belum ada yang tahu persis  kebenarannya. KaliAnom! satu kata yang tak asing di telinga, lantas apa maknanya.

Kalianom sendiri merupakan gabungan antara dua kata yakni kali dan anom yang merupakan bahasa Jawa. kali bermakna sungai dan anom sendiri bermakna muda. sehingga kalau dibahasakan Indonesia menjadi kalimuda. 

Sama-sama enak didengarkan? Kalianom bisa dan kalimuda pun juga bisa. dan juga banyak sekali warga yang mengalamatkan rumah mereka dengan Jalan kalimuda, entah siapa yang menjadi pelopornya. dengan alamat tersebut yang bikin saya heran itu adalah mereka itu juga tahu bahwa jalan kalimuda itu ya di Kalianom itu sendiri.

 
potensi kalianom
Medan jalan utama di desa ini lumayan bagus tidak terlalu menanjak dan juga tidak terlalu curam yang di apit oleh rumah warga sekanan dan kirinya.

Namun kalian jangan tanya kalau menuju akses ke rumah warga karena mayoritas jalan kerumah warga dari jalan utama cenderung ekstrim, maka berhati-hati diperlukan disana. 

Menurut keterangan salah satu warga yang mengerti betul sejarah dan seluk beluk Desa Kalianom mengatakan bahwa tidak ada yang tahu mengapa Nama RT ini diberi nama Kalianom.

Alih-alih, Desa ini disebut-sebut sebagai awal peradaban islam di kalianom pada khususnya dan Slogoretno sendiri pada umunya. Singkat cerita dulu ada seorang Kyai dari Ponpes LIrboyo bernama Kyai Dahlan yang menjadi pendatang baru di dusun ini.

Bukan suatu hal yang pelik jika mayoritas warga kalianom beragama Islam.

Ternyata beliau bertemu jodohnya di desa ini sehingga memutuskan untuk bermukim.
Profil kalianom dari segi Geografis letak
Nama : Kalianom
Desa : Slogoretno
Kec : Jatipurno
Kab : Wonogiri
Prop : Jawa Tengah
Kode Pos : 57693
Luas : -+ 700 m2
Mushola : 1
Timur : Nglerak Slogoretno
Batas Wilayah : Utara : Bulu Slogoretno
Selatan : Pucungan Slogoretno
Barat : Kopenan Tawang Rejo
Jarak ke Ibukota Kabupaten : -+ 40 KM

Letak geografis yang stategis ini tentunya menguntungkan masyarakat desa ini. dekat dengan hutan, namun tidak jauh juga dari metropolitan.


Dusun Kalianom On Google Earth





Nampak pemandangan dan dusun yang masih asri, tak heran jika dusun ini tak sepanas di Jakarta.


Sentra Usaha di Kalianom Slogoretno Jatipurno
Produksi Pasah Manual Serba Guna
Sentra kerjinan pasah manual serba guna ini berawal dari salah satu masyarakat di dusun Kalianom berawal dari Marketing pasah manual serba guna yang pabriknya letaknya tidak jauh dari Dusun Kalianom dan bisa di katakan bertetanggaan.

Namun dengan melihat di kancah konsumsi akan barang dari segi kegunaan semakin meningkat maka salah satu warga Dusun Kalianom berinisiatif untuk membangun pabrik sendiri.

Untuk Order atau pemesanan produk tersebut anda bisa menghubungi alamat email di bawah ini. Kirim/order pasah serba guna multi cut

Kerajinan Mebel Bambu Hitam
Bambu hitam yang kuat bisa di taklukkan oleh salah satu keluarga dengan menyulapnya menjadi Mebel seperti Meja, Kursi dan bergagai produk lainnya sesuai dengan keinginan konsumen.

Namun yang jadi kendala usaha kerajinan bambu hitam ini adalah bahan baku nya karena semakin sulit dicari.

Penggilingan padi mandiri
Dulu, sebelum penggilingan ini dirintis. Warga kalianom tentunya harus menempuh jarak hampir kurang lebih 2 KM untuk menggilingkan padi mereka, bukan mengherankan lagi karena profesi sebagian besar masyarakat kalianom sebagai petani sawah.

Namun sekarang sekarang hanya berjarak beberapa ratus saja untuk sampai ke tempat penggilingan.  

Oke gaes sekian informasi dari admin anomika Websitenya kalianom slogoretno wonogiri.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalianom, Prestise Sejarah Dibalik Namanya"

Post a Comment