Artikel tentang Kebudayaan Indonesia

Artikel tentang Budaya Indonesia
“Budaya Indonesia”
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhi yang berarti akal. Maka budaya adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional/lokal dan kebudayaan asing yang telah ada di Indonesia. Budaya nasional adalah budaya yang benar-benar berasal dari Indonesia sendiri dan lebih dikenal dengan budaya timur. Sedangkan budaya barat adalah budaya yang berasal dari luar Negara Indonesia. Budaya nasional di Indonesia sangat beragam dan dibutuhkan adanya toleransi antar masyarakat.
Aspek yang dilaporkan
1.         Indonesia merupakan Negara dengan bahasa daerah terbanyak didunia. Tercatat berdasarkan laporan penelitian The Summer Institute of Linguistic, sebagaimana dikutip Buku Pesona Bahasa (2006), terdapat 726 bahasa daerah diseluruh wilayah nusantara. Namun bahasa Indonesia yang dinominasikan menjadi bahasa nasional.
2.         Pada tahun 2010, tercatat jumlah penganut agama kira-kira 85,1% dari 240.271.522 penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam, 9,2% Protestan, 3,5% Katolik, 1,8% Hindu, dan 0,4% Buddha.
3.         Bangsa Indonesia terdiri dari bermacam - macam suku bangsa. Di Indonesia ini terdapat lebih dari 300 kelompok suku bangsa. Contohnya Suku Bangsa Aceh, Suku Bangsa Batak, Suku Bangsa Minangkabau, Suku Bangsa Melayu, Suku Bangsa Kubu, Suku Bangsa Betawi, Suku Bangsa Sunda, Suku Bangsa Banten, Suku Bangsa Baduy, Suku Bangsa Jawa, Suku Bangsa Madura, Suku Bangsa Bali, Suku Bangsa Sasak, Suku Bangsa Sumba, Suku Bangsa Bima, Suku Bangsa Manggarai, Suku Bangsa Bajawa, Suku Bangsa Ende, Suku Bangsa Rote, Suku Bangsa Dayak, Suku Bangsa Banjar, Suku Bangsa Minahasa, Suku Bangsa Bugis, Suku Bangsa Toraja, Suku Bangsa Ambon, Suku Bangsa Ternate, dan Suku Bangsa Papua.
4.         Dari segi makanan, berdasarkan penelitian pada tahun 2011, Rendang tercatat sebagai makanan paling disukai di dunia. Dan masih banyak lagi makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Contohnya Gado-Gado, Ketoprak, Pempek, dan masih banyak lagi.
5.         Ada bermacam - macam adat istiadat. Contohnya upacara adat yang dipakai waktu orang menikah, waktu orang melahirkan, waktu orang meninggal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kadang - kadang, upacara - upacara ini dipadukan dalam agama yang dianut masyarakat. Meskipun berbeda - beda, adat istiadat ini menunjukkan kekayaan budaya yang sangat indah yang dimiliki bangsa Indonesia.
6.         Indonesia memiliki ciri khas tersendiri di industri permusikan. Karena Indonesia memiliki musik dangdut yang telah diakui oleh dunia melalui UNESCO.
7.         Ada bermacam-macam kesenian daerah, misalnya alat musik, tarian, lagu, dan seni pertunjukan. Contoh alat musik daerah seperti alat musik Gamelan (Jawa), alat musik Kolintang (Minahasa), Alat musik Calung dan Angklung (Jawa Barat), alat musik Sasando (Kupang), alat musik Gambang Kromong (Betawi), dan masih banyak lagi. Setiap daerah di nusantara ini memiliki berbagai lagu tradisional. Misalnya Gambang Suling dan Ilir - ilir (Jawa Tengah), Bubuy Bulan (Jawa Barat), Injit - injit Semut (Jambi), Sapu Tangan Bapuncu (Kalimantan Selatan), Soleram (Riau), Ampar - ampar Pisang (Kalimantan Selatan), dan lagu-lagu lainnya. Selain itu, ada tarian dan seni pertunjukan yang beragam dari berbagai daerah.
8.         Indonesia memiliki bangunan bersejarah. Contohnya candi-candi yang memiliki ciri khas budaya daerahnya masing-masing. Seperti Candi Borobudur yang telah diakui menjadi 7 Keajaiban Dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Artikel tentang Kebudayaan Indonesia"

Post a Comment