Cara Lengkap setting ragum dengan mudah

Cara mengatur atau seting ragum benda kerja - Hai kawan, pada artikel kali ini Anomika Edukasi akan membagikan cara menggunakan ragum dengan benar sesuai teknis yang di anjurkan oleh para teknisi.
Sebelum lebih jauh mengetahui cara menggunakannya, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu ragum dan fungsinya juga seperti apa. Ragum secara teknis adalah suatu alat bantu jepit, yang fungsinya untuk membantu menjepit berbagai benda untuk dibor, dikikir, digergaji, dipahat dan lain-lain.
Dari beberapa ragum yang paling banyak digunakan ternyata banyak sekali (dari cara penggunaanya dan fungsinya) jenis-jenisnya diantaranya mulai dari yang ragum biasa, ragum berputar sampai ragum universal.
Ragum sendiri juga ada banyak ukuran mulai dari yang ukuran kecil sampai yang berukuran jumbo yang disesuaikan dengan kebutuhan teknisi.
Berikut cara menggunakan atau mengatur ragum yang baik dan benar,
Cara Atur RAGUM LENGKAP
Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memasang ragum. Antara lain :
1) Periksalah ragum dalam kondisi baik dan bersih.
2) Usahakan pemasangan ragum benda di tengah-tengah benda kerja, hal ini bertujuaan    untuk mendapatkan keleluasaan kerja.
3) Luruskan lubang baut pengikat agar bertepatan dengan alur meja mesin
4) Kerasi baut-baut pengikat.
Sebelum baut-baut terikat dengan kuat,pastikan bahwa bibir ragum benar-benar tegak lurus atau sejajar dengan pergerakan meja.untuk mengecek kesejajaran ragum tersebut dapat di gunakan dengan menggunakan dial indikator dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Ikatlah ragum dengan salah satu baut pengunci dan ingat pengikatanya jangan terlalu keras (sebelum kedudkan baut benar-benar tegak lurus, jangan kerasi baut-baut pengikatnya.
Pasang pararel pada ragum, kemudian pasang blok magnet pada badan mesin.
Kenakan sisi penggerak jarum pada sisi pararel.
Gerakan meja mesin sejalan dengan sisi pararel yang di pasang pada ragum.

Pukulah ragum dengan palu lunak sedikit demi sedikit apabila jarum pada dial indikator bergerak. Gerakan meja mesin berulang kali dan bila dari ujung keujung jarum sudah tidak bergerak, baru baut-baut ragum dikerasi semua, tapi ingat dalam mengerasi ragum jangan sampai merubah posisi ragum tersebut. Namun yang harus diperhatikan dalam setting ragum adalah masalah bagaimana kita menjepit benda kerja besi dan non besi.
Dikhawatirkan benda kerja yang dijepitkan akan rusak karena terlalu keras menjepit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Lengkap setting ragum dengan mudah"

Post a Comment