Cara Mudah Membuat Egrang Jangkungan Terbaru

Cara Mudah buat Egrang terbaru - Hai kawan, kali ini admin akan membagikan artikel yang bertajuk Anomika Edukasi yang mana saya berkesempatan untuk mempostkan artikel ini yang akan dibahas tentang cara mudah pembuatan Egrang atau jangkungan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita.

Egrang adalah permainan tradisional yang sudah agak tidak digemari oleh anak-anak jaman sekarang, karena munculnya permainan digital yang lebih seru dan menantang walaupun hanya seorang diri. Dulu, permainan ini bukan hanya anak-anak yang gemar tetapi juga remaja dewasa pun memainkannya. 

coba kalian bayangkan dulu yang punya egrang berkumpul  tapi sekarang jarang sekali para anak-anak muda yang mulai menggemari permainan tradisional ini karena banyak sekali permainan modern yang lebih mengasyikkan di banding bermain egrang. Namun jaman sekarang masih ada beberapa yang menggunakan egrang misal badut.

Cara buat egrang yang paling mudah yaitu dengan menggunakan bambu kering yang benar-benar tua, tapi jangan yang besar yang seukuran pergelangan tangan kalian saja.

Untuk bahan untuk membuat egrang sendiri tidak hanya bisa menggunakan bambu saja melainkan banyak sekali bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat egrang itu sendiri, misalnya kayu, ranting pohon yang dinilai kuat untuk membuat egrang. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sepasang egrang pun mudah sekali di temui di sekitar kita, bahan utama yang dipakai untuk membuatnya adalah bambu berukuran kurang lebih 3 meter atau disesuaikan dengan tinggi badan kalian.

Pemilihan bambu sendiri harus bambu yang benar-benar masak, masak dalam artian dari segi penampilan bambu tersebut sudah berumur dan tua. Hal ini dimaksudkan agar bambu kuat dan tidak mudah retak dan pecah. 


Berikut caranya :
  • 1.potong bambu seukuran lengan + yang panjangnya=tinggi badan kita.
  • 2.lubangi 1/4 dari panjang bambu ( Setinggi lutut kalian ), masukkan bambu yang dirasa kuat u/ menyangga tubuh kita
  • 3.berikan siku berupa kayu agar lebih kuat,kemudian dipaku di area yang dirasa akan lepas.
Untuk menghindari agar bambu atau kayu yang kalian gunakan nantinya tidak pecah dalam proses pemakuan maka kalian harus membuat terlebih dahulu tempat supaya tidak pecah yaitu dengan menggergaji sedikit dengan cara menyilang.

untuk lebih jelasnya kalian bisa meminta bantuan dari orang dewasa karena mereka sudah piawai dalam pembuatan egrang ini.

Sekian cara mudah buat egrang, sekian dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Egrang Jangkungan Terbaru"

Post a Comment