Museum Gula Jawa Tengah 2017

Letak Museum Gula di Klaten, Jawa Tengah disebut sebagai museum tentang proses pembuatan gula satu-satunya di Asia Tenggara.

Lokomotif tua terpajang di depan museum. Peta perkebunan tebu terpampang. Miniatur gilingan tebu hingga mesin tik kuno. Uniknya lagi, mesin tradisional penghasil gula berbahan kayu yang ditarik sapi masih tersimpan utuh.

Gambaran awal pabrik gula Gondang Winangun dan PG Tasikmadu juga pabrik gula di sekitarnya masih terdokumentasi baik dalam figura. Lebih dikenal dengan nama Musuem Gula, inilah museum satu-satunya di Asia Tenggara yang mengajarkan bagaimana gula diperoleh dari perkebunan tebu, hingga masuk mesin penggiling tergambar jelas.

Dahulu, tebu sebagai tanaman penghasil gula diangkut ke pabrik menggunakan lori yang dikepalai montit. Rel-rel tersebar di areal perkebunan. Namun sekarang lori tersebut diganti oleh truk-truk pengangkut tebu. Lokomotif yang usang dipajang di halaman museum sementara yang masih berfungsi digunakan sebagai kereta wisata edukasi.

Pengalaman sejarah itulah wisata yang ditawarkan oleh Pabrik Gula Gondang Winangoen. Menaiki montit pengunjung akan dibawa memutar mengelilingi kawasan wisata dari bangunan tua yang masih dihuni hingga ke kawasan pabrik yang akan terus menggiling saat musim tebang tebu yang disebut 'rembang' tiba.

Tak hanya museum dan berkeliling menggunakan kereta, di sini ditawarkan juga wahana green park. Dari wisata air, flying fox, mandi bola hingga terapi ikan termasuk pijat batu dan masih banyak lagi. Capek berkeliling museum, ikan-ikan akan menerapi kaki sembari menghilangkan sel kulit yang mati atau berjalan di atas batu yang dipercaya dapat mengurangi penyakit asam urat.

Lapar, jangan khawatir, di samping museum gula terdapat D'Gonba Resto (Banaran). Tinggal memilih menu masakan dan minuman sesuai pilihan. Menyeruput kopi atau teh dengan gula asli produksi PG Gondang Winangoen sembari menikmati air mancur yang tak pernah berhenti. Kawasan wisata yang cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini sangat mudah. Letaknya persis di tepi Jalan Raya Jogja-Solo, yakni di Gondang Kecamatan Jogonalan Klaten. Kira-kira delapan kilometer dari Candi Prambanan ke arah Kota Klaten atau sekitar lima kilometer dari pusat kota Klaten ke arah Yogja. Kawasan ini mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. 


Dan untuk bisa masuk ke kawasan Museum Gula jawa tengah, pengunjung cukup merogoh kocek Rp.5000 sampai Rp.15000 saja.


Source : http://travel.detik.com/read/2015/05/11/105500/2911291/1025/museum-gula-di-klaten-satu-satunya-di-asia-tenggara


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Gula Jawa Tengah 2017"

Post a Comment