Cara Mengatasi PC Yang Mengalami Blue Screen Tanpa Peringatan

Cara Mengatasi PC yang Mengalami Blue Screen yang di sertai timbulnya banyak warna kecil-kecil di layar - Hai kawan, pada artikel bertajuk Anomika Repair kali ini akan membagikan beberapa informasi bagaimana cara memperbaiki pc atau laptop yang mengalami blue screen.

Beberapa permasalahan atau kerusakan komputer memang tidak di sertai dengan tanda-tanda dari komputer itu sendiri seperti bunyi beep atau yang lain dan tiba-tiba saja komputer mengalamai hal tersebut, permasalahan yang timbul di komputer biasanya di ikuti dengan peringatan atau muncul bunyi beep saat booting mulai dari motherboard merek Asrock, asus gaming, amd, gigabyte, intel, Msi, Ecs dan lain-lain.
cara mengatasi pc laptop notebook netbook yang mengalami blue screen banyak / bergaris banyak
Gambar di atas merupakan gambaran, karena saya tak sempat mengabadikan gambar tersebut sebelum melakukan perbaikan jadi saya menggunakan gambar pendukung seadanya. Dan seharudnya warnyanya kotak-kotak. :D

Kasus ini sering kali terjadi pada komputer yang bisa di bilang komputer lama (pemakaian lebih dari 3 tahun) dan permsalahan tersebut memanglah wajar di alami pada pc kalian, setelah bluescreen seperti pada gambar di atas biasanya terus tidak ada tampilan dan monitor mengalami fase safe mode.

Dengan masalah tersebut terkadang berpikiran bahwa CPU atau motherboard kita telah usang karena permasalahan ini tidak di sertai dengan peringatan atau bunyi beep. Dan pada kesempatan kali ini saya menulis artikel tentang Cara Mengatasi PC yang Mengalami Blue Screen dan ikuti step by step secara santai dan cermat.

[Pertama]
Lakukan perbersihan terlebih dahulu pada motherboard kalian mungkin di notebook/laptop, netbook, pc mulai dari pembersihan pin mata pada karti memori ( Ram + Hardisk ), Kartu grafis ( VGA ), prosesor dan terutama juga pembersihan pada PCB motherboarg baik atas maupun bawah.

Pembersihan hardware-hardware tersebut bukan asal membersihkan, bukan dengan dengar air sabun atau dengan bensin. Tapi melainkan cukup menggunakan kuas saja dan untuk pembersihan mata pin Ram dan yang lainkan saya sarankan menggunakan penghapus.

[Kedua]
Setelah pembersihan beres, jangan pasang motherboar ke casing dulu karena casing juga harus di bersihkan. Pembersihan meliputi lubang-lubang sirkulasi udara dan yang lain yang dirasa kotor dan berdebu.

[Ke-tiga]
Jika step kedua sudah di lakukan dengan benar dan dengan hasil yang benar-benar bersih, kemudian cek power supply baik ke memory penyimpanan maupun yang ke motherboard. 

[Ke-empat]
Pasang kembali semua perangkat tadi mulai dari kabel panel sampai kabel sata ke memori. Dan untuk kabel dari PSU ke motherboard harus benar-benar diperhatikan pemasanganya, jika salah satu kabel saja tidak terhubung dengan sempurna bisa berakibat kinerja komputer kalian terganngu atau tidak normal.

[Kelima]
Hidupkan pc kembali, jika tidak ada lagi seperti gambar diatas dan ada proses booting berarti komputer kalian sudah normal kembali.
NB : Jika cara di atas tidak ada pengaruh/perubahannya, coba kalian ganti PSU/powersupply nya karena ada beberapa kasus permasalahan yang terletak pada psu yang merupakan salah satu penyebab permasalahan komputer seperti di atas
Sekian artikel dari Anomika Repair dan semoga bermanfaat. :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi PC Yang Mengalami Blue Screen Tanpa Peringatan"

Post a Comment