Cara Menulis Artikel Blog Post yang Baik dan Benar

Cara Menulis Artikel Blog Post yang Baik dan Benar - Tips menulis artikel di blog dan website - cara membuat artikel yang menarik dan mudah dipahami saat dibaca - tips menulis artikel yang menarik - #SIP ETIKA MENULIS ARTIKEL ONLINE - Menulis artikel di blog bukanlah semata-mata asal menulis saja sesuai ego sang penulis atau pengarang blog atau website, melainkan harus memperhatikan beberapa faktor atau etika menulis artikel dengan baik dan benar. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami dan meresapi intisari dari artikel yang telah anda atau pengarang publikasikan melalui blog atau website mereka.

Menulis artikel bisa saja mendapatkan ide postingan dari internet melalui Search Engine dengan metode Rewrite ( Menambah atau mengurangi referensi dan kemudian di tulis di blog post anda ).
Cara Menulis Artikel Blog Post yang Baik dan Benar - Tips menulis artikel di blog dan website - cara membuat artikel yang menarik dan mudah dipahami saat dibaca - tips menulis artikel yang menarik
Walaupun demikian kita harus pandai-pandai dalam melakukan beberapa pengendalian terhadap diri kita sendiri yang menimbulkan isi post terlalu banyak sehingga ada pembaca yang malas membacanya.

Apakah Basa-basi di awal artikel perlu ?
Sebenarnya itu hanya suatu imbuhan supaya isi artkel anda terlihat banyak, berisi, dan berbobot, namun jika terlalu banyak dan melenceng jauh dari topik yang di bahas dalam artikel bisa mengakibatkan pengunjung lari. Kenapa demikian ? Pengunjung membutuhkan informasi penting di blog atau website anda dan tentunya memudah kan studi mereka.

Berapa jumlah kata/karakter minimal atau yang di anjurkan dalam sebuah artikel post blog?
Jumlah kata yang banyak bahkan sampai beribu-ribu di dalam sebuah karakter belum tentu terkandung informasi yang lengkap dan detail, karena informasi yang lengkap dan detail tidak hanya terdapat di artikel yang jumlah karakternya banyak. Cukup ringkas, padat dan kaya informasi saja, karena hal tersebut yang pembaca atau pengunjung yang di butuhkan.

Jumlah artikel yang di anjurkan yaitu kisaran 400 sampai 500 kata dan dilengkapi gambar pendukung minimal 1 untuk artikel yang bukan tutorial.

Bagaimana artikel unik dalam post blog itu ?
Sempat menjadi acuan para Blogger Senior untuk membuat sebuah atau kumpukan artikel yang berkualitas dan dulu saya juga kepikiran artikel yang unik seperti apa ?. Artikel yang unik bukanlah artikel yang beda dari yang lain, dalam artian menuruti ego si penulis dengan menyisipkan kata atau kalimat yang susah di pahami atau mungkin penambahan kata istilah tingkat tinggi dan terkadang si pembaca harus mencari terlebih dahulu artinya.

Artikel yang unik juga bukanlah artikel yang langka atau artikel yang yang di dalamnya menggunakan kata-kata atau kalimat yang jarang si pembaca temukan, dan jika ini di teruskan bisa jadi berakibat artikel anda langka pengunjung.

Apa Copas di perbolehkan ?
Boleh-boleh saja di lakukan dengan catatan sebagai berikut :

  • Mendapatkan izin dari pengarang blog ( kecuali kepemilikan sendiri / blog punya sendiri yang lainnya namun harus membedakan sedikit dari post yang lama atau yang asli ).
  • Copas dari sumber yang terbebas dari hak cipta blog atau website.
  • Bukan copas dari artikel yang di lindungi.
  • Sertakan link sumber bila di perlukan.
Penggunaan atau menyertakan link sumber juga bisa bermanfaat untuk anda, karena jika mencari website si blog sumber maka post kita juga terindex oleh Search Engine seperti Google.

Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menulis Artikel Blog Post yang Baik dan Benar "