Laporan Tentang Cara Pembuatan Tanaman Hidroponik Terbaru 2017

Makalah terbaru cara penanaman hidroponik sri rejeki 2017 -  Menanam dengan media selain tanah memang sangat menguntungkan bagi kita karena tidak membutuhkan tanah banyak supaya tanaman untuk bisa menghasilkan buah ( Untuk tanaman penghasil buah seperti cabe dan lain-lain ) yang banyak dan dengan tingkat kesuburan tanaman tidak kalah dengan menggunakan media tanah pada umumnya.

Untuk menanam tanaman dengan media hidroponik tidak terlalu susah dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi karena ini bertujuan untuk mengurangi biaya yang di butuhkan.

Untuk menanam tanaman dengan media selain tanah atau lebih di kenal dengan istilah Hidroponik tidak hanya untuk satu tanaman saja, melainkan juga bisa untuk  tanaman atau tumbuhan :

  • Cabe merah, cabe rawit, cabe hijau, cabe keriting, Lombok
  • Tomat
  • Tanaman Hias ( Anggrek bulan, lidah mertua, gelombang cinta, tibo urip, cemara, dan lain-lain )
  • Anggur
  • Semangka, Markisa, Nanas, sawi, dan lain-lain.
Dengan menggunakan media selain tanah tentunya akan menghemat penggunaan tanah karena menggunakan media pengganti tanah/ Media Hidroponik seperti :
  • Kerikil
  • Sabut kelapa /Coir/coco peat/coco peat
  • Merang
  • Media Arang Sekam
  • Dedaunan Busuk yang sudah menjadi pupuk
  • Pasir
  • Media Spons
  • Expanded Clay
  • Rockwool / mineral wool
  • Perlite / kaca vulkanik amorf
  • Pumice / batuan Basalt
  • Vermiculite
  • Serbuk Kayu
Namun teknik ini masih ada beberapa kelemahan di antaranya :
  • Harus rutin perawatan dan juga rutin pengecekan
  • Rutin pemberian nutrisi karena ruang lingkup akan terbatas



Alat dan bahan untuk membuat tanaman hidroponik dengan tanaman sri rejeki

Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah makalah, laporan, atau artikel yang mungkin kalian butuhkan, terutama untuk para pelajar SMP yang bingung dengan tugas membuat tanaman hidroponik.



Cover Kelompok Kalian


PENGERTIAN HIDROPONIK 

hidroponik berasal dari bahasa yunani merupakan hydro=air & ponos=kerja yg yaitu sebuah metode bercocok tanam tidak dengan memakai tanah juga sebagai sarana tanam atau soilles melainkan bersama sarana seperti kerikil, sabut kelapa, zat silika, pasir, pecahan batu karang, batu bata, potongan kayu, atau busa yg diberikan lumayan air & garam mineral. 
Berdasarkan pengertiannya sehingga factor basic terpenting yg dibutuhkan tanaman hidroponik sederhana ini bukanlah tanah melainkan air yg mengandung lumayan cadangan makanan buat diserap oleh akar tanaman.Dilontarkan mula-mula kali oleh W.A. Setchell dari University of California, sehubungan dgn kesuksesan W.F. Gericke dari university yg sama, dalam pengembangan teknik bercocok tanam bersama air juga sebagai medium tanam. 

Peristiwa hidroponik 
Marco Polo dalam pengembaraannya mencatat bahwa terdapat masyarakat di Negeri China yg menanam tanaman dengan cara hidroponik.Kepada 1699 wooward, seseorang ilmuan dari Inggris sudah jalankan percobaan dgn memakai air juga sebagai fasilitas tanam menukar tanah garam mineral atau unsur hara dilarutkan dalam iar dgn dimasukkan sedikit tanah. 
Terhadap 1930-an, saintis amerika, Gerice dari Kampus California sudah sukses menanam tomat dgn teknik hidroponik. Tomat tersebut tumbuh mencapai ketinggian 7,5 meter. Perkembangan tehnologi greenhouse atau hunian plastic sudah menunjang perkembangan teknik hodroponik maka kegiatan pertanian bisa dijalankan sepanjang th tidak dengan mengenal periode.menjadi, semenjak era dahulu tanaman memakai sarana Lain terkecuali tanah, sudah tidak sedikit & sukses dikembangkan. 
sekarang ini serasi tanam dengan cara hidroponik dilakukan oleh petani. Istilah hidroponik (hydroponics) dipakai buat menuturkan mengenai kiat bercocok tanam tidak dengan memanfaatkan tanah sbg alat tanamnya. Disini termasuk bercocok tanam di dalam pot atau wadah yang lain yg memanfaatkan air atau bahan porous yang lain, seperti pecahan genting, pasir kali, kerikil, ataupun gabus putih. 
Penemu dari metode hidroponik ini merupakan DR.WF.Gericke.ia merupakan satu orang agronomis dari Kampus California, USA. Waktu ini dia sukses menanam tomat setinggi 3 
meter yg penuh buah & ditanam di dalam bak yg berisi mineral hasil uji cobanya.


PEMBUATAN  TANAMAN  HIDROPONIK

· Alat dan bahan yang di butuhkan
Bahan :
1. Tanaman Sri Rejeki
2. Botol Bekas
Alat :
1. Pisau
Media :
1. Air

· Pembuatan

1. Siapkan alat dan bahan.
2. Potong tanaman sri rejeki.
3. Masukkan kerikil dan air ke dalam botol.
4. Lalu masukkan tanaman sri rejeki ke dalam botol

· Waktu Pembuatan  : 


· Tempat pembuatan  : 


PENUTUP

A.           Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh dari pembahasan di atas adalah hidroponik merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan beberapa cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai tempat menanam tanaman, lebih terjamin kebebasan tanaman dari hama dan penyakit, tanaman tumbuh lebih cepat dan pemakaian pupuk lebih hemat, bila ada tanaman yang mati, bisa diganti dengan tanaman baru dengan mudah tanaman akan memberikan hasil yang kontinu, dan lain sebagainya. 

B.  Saran

Adapun saran yang dapat kami berikan kepada pembaca adalah, pembaca diharapkan untuk dapat mengembangkan teknik bertanam hidroponik secara maksimal.Hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi pangan terutama jenis-jenis tanaman holtikultur yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi walaupun dengan keadaan lahan yang minim atau berkurang karena pengubahan lahan menjadi bangunan.

Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Tentang Cara Pembuatan Tanaman Hidroponik Terbaru 2017"

Post a Comment