Atasi Cpu Hidup Tapi Monitor Mati

Laptop monitor mati layar mati atau tidak ada tampilan - Hai kawan pada Anomika Repair kali akan membagikan bagaimana cara menangani permasalahan yang sering terjadi pada perangkat komputer, dan pada kesempatan kali ini akan membahas tentang monitor mati tapi cpu dalam keadaan hidup dan normal.

Sebagai halnya mesin yang memang di gunakan untuk membantu, meringankan dan juga merupakan alat bantu manusia yang memang diciptakan oleh manusia sendiri, dan yang namanya mesin pasti kejadian yang namanya rusak atau penurunan kinerja karena pengaruh umur komponen atau karena sebab kerusakan yang lain.


Kerusakan atau penurunan kinerja suatu komponen baik hardware maupun sofware tentunya belum tentu juga karena pengaruh umur tetapi juga pengaruh dari sang pemakai memperlakukan gadget nya sendiri secara asal-asalan atau tidak memperhatikan system requirement nya komputer/pc/netbook/notebook sehingga jika system kelebihan maka akan juga mengurangi kinerja atau komponen bisa mengalai kerusakan karena Overload istilahnya.

Banyak juga pengguna PC ( personal Komputer ) yang mengalami permasalahan di atas sehingga kadang juga membuat pengguna tersebut merasa jengkel. Kali ini saya akan membahas tentang masalah monitor tidak ada tampilan dan cpu hidup dan menyala dan juga monitor tidak ada kerusakan.

Kok Bisa Sih ?
Permasalahan di atas biasanya tidak disertai dengan peringatan atau pesan dari komputer melalui Windows Message Center, melainkan terjadi secara tiba-tiba dan juga mengejutkan si pengguna atau mungkin anda salah satunya.

Kenali Sebab-sebabnya
Penyebab monitor mati dan keadaan cpu atau pc masih dalam keadaan menyala ( hidup ) yang bisa terjadi pada Laptop/pc/komputer/notebook/netbook memang di sebabkan oleh beberapa sebab. ( Catatan : Monitor tidak ada kerusakan dan masih dalam keadaan baik-baik saja )

Berikut Sebab-sebab umumnya :

  • Salah satu Kabel VGA penghubung Monitor dengan CPU terputus ( Biasanya tidak nampak karena tertutup pembungkus kabel ).
  • Salah satu PIN Kabel VGA mengalami patah atau bengkok sehingga tidak terhubung. 
  • VGA mengalami kerusakan ( Baik di Onboard Mobo/Moterboard maupun VGA card )
  • PIN VGA tidak masuk ke slot dengan baik sehingga tidak PIN tidak terhubung secara sempurna ( Jika menggunakan VGA Card )
  • Slot PIN kabel VGA berdebu atau ada partikel.
  • Terdapat masalah pada memori RAM ( Random Access Memory )
  • Hard Disk mengalami kerusakan.
Yuk Tangani !
Memperbaiki sendiri memang dianjurkan karena bisa menambah pengalaman pribadi anda, Berikut cara memperbaiki atau penanganannya
  • Jika VGA rusak maka gantilah VGA Cardnya
  • Pada RAM, jika ini masalahnya kemungkinan pin ram kotor maka bisa anda bersihkan PIN atau kakinya ( Biasanya pembersihan bisa menggunakan penghapus pensil ).
  • Pada Kabel VGA, Jika anda dua PC lengkap maka anda bisa mencoba mengetes berfungsi atau tidak nya kabel VGA di PC yang satunya.
Cara-cara diatas memang cara yang umum di lakukan jika komputer CPU hidup namun monitor tidak menampilkan gambar / no signal input check video cable / no signal input check video cable manual

Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Cpu Hidup Tapi Monitor Mati"

Post a Comment