Apa Kesalahan Data Terstruktur Mempengaruhi Kualitas SEO dan SERP Blog ?

Apa Kesalahan Data Terstruktur Mempengaruhi Kualitas SEO Blog di beberapa search engine seperti Google, yahoo search, bing, yandex dan lainnya?, apa ada pengaruhnya jika data terstruktur mengalami kesalahan ? banyak sekali hingga ratusan dengan berbagai cara dan trik,  Apakah perlu mengatasi dan memperbaiki permasalahan terjadinya banyak kesalahan data struktur di google webmaster ? 
Hallo sahabat Anomika sekalian, pada artikel sebelumnya lagi sibuk-sibuknya post Bus Pariwisata di Indonesia dan pada sekarang ini admin Anomika akan istirahat sejenak untuk artikel tentang Bus pariwisata Bus Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang suatu topik yang berjudul " Apakah Kesalahan Data terstruktur terutama di Hatom Markup:Microformatss.org (Biasanya item dengan kesalahan pada Hilang Updated) bisa mempengaruhi kualitas SEO ( search engine optimation ) dan SERP ( search engine result page ) blog atau website.

Gambar di atas merupakan data struktur blog Anomika ini, dari gambar di atas terlihat bahwa terjadi kesalahan data terstruktur pada bagian Markup: microformats.org dan pada bagian markup: schema.org.

Cerita sedikit tentang pengalaman saya mengetahui data struktur di atas pada blog anomika.
Awalnya blog dalam keadaan normal ( Semua dalam keadaan oke ) dan trafik atau sumber lalulintas Alhamdullilah meningkat walau sedikit, kemudian saya tertarik dan tergiur dengan template premium. Apalah daya karena pada waktu itu saya belum mengerti apa sih perbedaan antara template biasa (gratis) dengan template premium.

Menyinggung sedikit perbedaan antara template biasa dengan template premium
Untuk perbedaan antara template premium dengan template biasa itu hanya lah pada link kreditnya saja, sehingga setelah kita membeli template premium kalian di beri hak penuh atas tema kalian yang sudah beli. Misalnya dengan menhapus credit link nya dari template bawaan. Dan sedangkan untuk struktur template antara gratis dan berbayar itu sama saja, sama-sama bagus dan bisa menimbulkan error seperti di atas.Selain itu juga template premium memiliki keunggulan pada fitur dan pada tampilan yang relatif keren.
setelah mendengar kata premium saya beranggapan bahwa template tersebut lebih SEO dan meningkatkan kualitas SERP blog saya di search engine. Setelah besoknya saya pun terkejut karena trafik blog saya menurun drastis.

Secara spontan saya bingung dan tanya kesana kemari kepada orang yang saya anggap lebih mumpuni dalam bidang ini karena kemrunsungnya saya, dan keringat kegelisahan pun mulai keluar. Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti template ke yang sebelumnya, namun template yang dulu lupa saya cadangkan sehingga saya pakai template yang masih belum di tambahkan properti seperti google verification, alexa code dan yang lainnya. Dan yang lebih mengejutkan lagi karena kegelisahan saya, mengganti tema blog berulang kali pada waktu itu dan di bagian meta dan properti lainnya menjadi acak-acakan tak karuan. Mungkin itu penyebabnya karena kesalahan struktur html pada template kalian.

Apa Kesalahan Data Terstruktur Mempengaruhi Kualitas SEO Blog di beberapa search engine seperti Google, yahoo search, bing, yandex dan lainnya?
Apa kalian pernah mengalami kejadi seperti ini setelah melihat data terstruktur di Google webmaster tools ? pada awalnya saya bisa menebak kalian menghiraukan data terstruktur ini karena saya pun juga, maklum dulu belum mengerti yang begituan.

Kesalahan ini bisa terjadi pada bagian blogposting yaitu di bagian Publisher, date modified, mainentityofpage, entry data, author, blog id, post id, dan image_url.
Lebih detailnya :
Warning: Missing required field "entry-title"
Warning: Missing required field "updated"
Warning: Missing required hCard "author"
Warning: Page contains property "image_url" which is not part of the schema
Warning: Page contains property "blogid" which is not part of the schema

Warning: Page contains property "postid" which is not part of the schema

Jika awalnya data terstruktur kalian tidak mengalami kesalahan, dan setelah kalian mengedit di bagian posting blog di tata letak. Misalnya dengan menghilangkan centang pada bagian tanggal dan waktu maka di bagian data terstruktur pada google webmaster akan mengalami kesalahan pada datenya.

Penilaian ini sebenarnya data terstruktur hanya salah satu dari banyaknya faktor penunjang kualitas blog kita. Sedangkan yang lebih penting dari semua ini adalah kualitas dari artikel pada blog kita sendiri, semakin kaya manfaat bermanfaat, maka google akan semain suka dengan artikel kita.

Sekian artikel saya mengenai pengaruh kesalahan data terstruktur ke SEO dan SERP pada blog atau website, dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Apa Kesalahan Data Terstruktur Mempengaruhi Kualitas SEO dan SERP Blog ?"