Contoh Pidato Tema Kebudayaan Indonesia Terbaru 2017

Contoh Pidato Bertemakan Kebudayaan Indonesia Terbaru 2017 - Pada artikel  anomika edukasi kali ini admin blog ini akan membagikan contoh pidato bahasa Indonesia yang ber temakan kebudayaan atau tentang kelunturan kebudayaan dan cara melestarikan budaya lokal dan daerah di Indonesia agar posisinya tidak tergeser oleh budaya asing atau kebudayaan dari luar yang semakin menjamur dan mewabah.
Dan dari periode ke periode kebudayaan asing atau budaya luar dengan mudahnya masuk ke Bangsa Indonesia, dan cepat pula menyebar ke seluruh tanah Air.
Yang bahwa kita tahu sendiri bahwa budaya asing dengan mudah masuk dan bahkan di terapkan oleh kalangan tertentu, terutama kalangan anak muda atau lebih dikenal dengan generasi muda penerus bangsa. Pada kenyataan nya budaya asing terlihat lebih keren dan kekinian dan itu sangat cocok untuk anak muda, sebagai contohnya yaitu dance yang lebih keren di banding dengan tari tradisional.
Dan berikut contoh pidato nya yng mungkin untuk keperluan ujian praktik di sekolah yang saya sajikan lengkap dengan kerangkanya.

Kerangka pidato
Pembukaan
-Salam berupa salam sapaan lepada hadirin
-Salam hormat berupa penghormatan bapak ibu guru & teman-teman X.6
-Puji syukur berupa ungkapan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa
Isi
-Budaya luar negeri yang mudah masuk ke indonesia
-Indonesia negeri yang kaya akan budayanya
-Kebudayaan harus kita jaga & lestarikan
Penutup
-Ucapan permohonan maaf & terima kasih

-Salam penutup

Dan berikut Pidato nya ber tema budaya Indonesia
Assakamuallaikum Wr. Wb
Bapak/Ibu................. yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai. Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya karena bisa berkumpul dengan keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sesuatu yang harus kita jaga  & lestarikan yaitu kebudayaan indonesia. Dengan demikian majunya peradaban dunia ini ditambah dengan adanya sistem pasar bebas yang ada sekarang ini akan semakin memudahkan pengaruh luar untuk masuk ke dalam bangsa kita. Sehingga memang melestarikan budaya nasional berikut warisannya menjadi tanggung jawab & kewajiban seluruh bangsa. Bangsa kita memiliki ragam kebudayaan yang sangat banyak. Sehingga kesadaran untuk melestarikan budaya nasional & budaya lokal memang harus ada pada diri setiap penduduk bangsa indonesia. Karena kebudayaan merupakan harta yang sangat berharga.

Kebudayaan bukanlah suatu hal yang dapat dengan mudah kita ciptakan. Bahkan terbilang membutuhkan yang lama untuk dikatakan sebagai budaya. Karena dalam budaya tersebut terselip sebuah cerita, sebuah sejarah & syarat akan makna & tidak dapat di ciptakan dengan cara instant. Sehingga  ketika kita telah memiliki suatu kebudayaan tertentu, maka kita harus mempertahankannya. Bahkan bisa dikatakan kebudayaan bisa digunakan sebagai identitas & ciri khas dari suatu bangsa. Sehingga jika kebudayaan tersebut telah hilang, maka bisa dikatakan ciri khas / identitas bangsa tersebut juga turut hilang.

Mengingat betapa pentingnya sebuah budaya bagi bangsa, maka marilah kita bersatu padu untuk saling melestarikan budaya kita dengan sepenuh hati. Kita jangan hanya mau bergerak ketika kita telah ada negara lain yang ada yang mencuri baru kita berteriak. Bahwa itu adalah budaya kita. Namun sejak dini. Marilah kita tunjukkan kepada dunia bahwa budaya tersebut merupakan budaya kita. Jangan sampai Reog Ponorogo, batik & juga Keris yang jelas merupakan budaya peniggalan nenek moyang kita yang di klaim negara lain terulang kembali. Sekarang sudah waktunya kita, khususnya generasi muda untuk terus mengolah budaya kita dengan tanpa menghilangkan keorisinilannya. Kalau bukan kita siapa lagi. Kalau bukan sekarang kapan lagi.

Sekian pidato dari saya, apabila ada tutur kata yang kurang sopan saya minta maaf.
Akhirul Kalam
Wabilahi Taufiq Walhidayah

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sekian artikel edukasi kali ini tentang Pidato Bahasa Indonesia tema kebudayaan dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Tema Kebudayaan Indonesia Terbaru 2017"

Post a Comment