[Panduan Lengkap] Mengatasi Stylesheet Is Missing di Tema Wordpress

cara cepat atasi stylesheet is missing pada tema wordpress -  Pernahkah kalian mengalami kejadian atau permasalahan seperti pada topic yang akan kita bahas kali ini? Pastinya pernah jika kalian blogger pengguna platform Wordpress. Kejadian ini sering terjadi pada Wordpress.Org yaitu website versi berbayar dari Wordpress dengan menggunakan hosting pribadi atau hosting berbayar dan juga bisa disebut juga website untuk keperluan bisnis.

Namun bagi kalian yang tidak mau ambil pusing sebaiknya menggunakan platform blog yang lainnya. Mengapa? karena demikian banyak nya kesalahan yang kalian perbuat yang nantinya kana mengakibatkan masalah pada WEBSITE kalian terutama di mesin pencari dan tentunya acak-acakan di mata pemirsa web kalian.

Belajar dari pengalaman beberapa waktu yang lalu, saya pun juga pernah mengalami kejadian gagal saat penginstalan tema atau template di Website Wordpress dengan berbagai penyebab yang untuk orang awam agak susah untuk mengatasinya karena kurangnya pengalaman dan juga belum biasa menggunakan Wordpress. Namun perlu kalian ketahui bahwa Wordpress tak sesulit yang kalian duga sebelumnya, karena dengan terbiasa menggunakannya maka kalian akan terbiasa dengan kemudahan dalam penggunaaan dan juga sudah dirancang sedemikian rupa supaya bersahabat dengan pengguna (User Friendly).

Dalam segi tema yang di banding dengan platform lain. Wordpress sendiri memiliki keunggulan dalam managemen khusus untuk tema saja dan untuk penempatan seperti SEO Meta Tag optimasi SEO untuk SERP memang di tempatkan di lain tempat yaitu di bagian Plugin, beda halnya dengan Blogger yang mana SEO Meta Tag nya bercampur menjadi satu di template itu sendiri. Jadi tak heran banyak para Blogger senior yang migrasi ke Wordpress di karenakan keunggulannya untuk masalah SEO dan SERP.

Baca Juga :
Apakah Jenis dan ukuran Font berpengaruh Untuk kualitas SEO Blog dan Website ?
Cara Optimalisasi SEO Off Page dan On Page yang ampuh


Sebelum kita lebih jauh ke pembahasan di atas, dengan senang hati admin akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian dari Template Website. Template sendiri mempunyai pengertian yaitu file atau dokumen yang berisikan lebih dari satu model tambahan yang akan muncul pada saat proses pembuatan lain, ini juga bisa di artikan dengan gaya atau tata letak bermodel yang tersusun sesuai keinginan pengguna.

Namun ada kalanya kalian akan dihadapkan dengan beberapa permasalahan dengan namanya komponen bernama Template ini. Masalahnya adalah hilangnya salah satu hilangnya salah satu komponen bernama stylesheet dan kegagalan dalam penginstalan, pesan peringatan lebih jelasnya “ STYLESHEET MISSING ERRORS” ,  “THEME INSTAL FAILED” dan pesan kesalahan lainnya.

Template missing memang di alami beberapa blogger, mereka mengeluhkan permasalahan itu di wordpress. Ini terjadi saat pengguna akan ganti tema dari yang lawas dengan yang baru yang entah karena apa, mungkin karena tampilan yang terlalu ribet dan kurang minimalis, ingin menyesuaikan tema Web dengan topik atau karena alasan yang lain.

Berikut akan saya jelaskan secara gamblang berbagai permasalahan yang akan muncul selama kalian menggunakan platform wordpress baik wordpress.org (wordpress self hosted) dan wordpress.com (blog versi gratisnya wordpress) lengkap dengan cara mengatasi dan memperbaikinya.

The package could not be installed. The theme is missing the style.css stylesheet
Dari kata berbahasa inggris di atas bisa diartikan dengan “paket tidak bisa di install. Stylesheet style.css hilang”. Ini sangat menjengkelkan, apalagi yang kita akan install adalah tema kesukaan kita. Hal tersebut memang sering terjadi dan juga termasuk saya sendiri.

Hilangnya Style.css ini mungkin berasal dari tempat kalian mendownload tema tersebut. Untuk memastikan ada tidaknya Style.css kalian bisa mengekstak file Tema berekstensi Zip tersebut.

Broken theme & stylesheet missing errors
Pesan peringatan ini menandakan bahwa tema yang kalian install mengalami kerusakan pada bagian-bagian tertentu dan hilangnya bagian stylesheet dari tema yang kalian install di wordpress.

Tema yang rusak bisa di artikan dengan adanya  beberapa indikasi, salah satunya yaitu beberapa file hilang saat didownload belum selesai. atau juga memang hilang sejak tema tersebut di upload sebelumnya untuk dipakai secara free.


Sebelum ke pemecahan masalahnya sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya, simak ya !

1, File Tema Kalian Mengalami Corrupt
Jika kalian menyimpannya di computer kalian, alias kalian nantinya akan menupload nya ke wordpress.
Atau memang sudah dari sananya sudah terinfeksi corrupt jika kalian mendownloadnya dari internet.

2,Style.Css Yang Hilang Atau File Style.Css Do Not Exist
File style.css yang hilang atau tidak ada dalam berkas zip template wordpress tersebut memang menjadi salah satu faktor tema tidak bisa di install secara sempurna melalui upload tema manual dari komputer kalian. 

3, Terjadi Beberapa Masalah Di Hosting Cpanel Wordpress
Permasalahan ini bisa saja terjadi karena beberapa permasalahan yang sering terjadi di wordpress yaitu soal hilangnya folder untuk menyimpan tema yang kalian upload ke wordpress, dan biasanya jika ada folder yang tidak adan maka akan memberikan pesan kesalahan pada saat menginstal tema tersebut.

Selain folder yang hilang, folder ganda juga bisa menjadi masalah.

4,Tema Tidak Kompatibel Dengan Versi Wordpress 
Ternyata tidak semua template bisa di instal di Wordpress, Tema Wordpress ini bisa di katakana sama seperti dengan aplikasi di android. Mereka juga punya kompatibilitas dengan suatu perangkat.

Begitu juga Template ini, mereka juga punya kompatibilitas dengan versi Wordpress. Mungkin Template yang akan kalian install kompatibel dengan Wordpress dengan versi lebih rendah dari yang kalian gunakan sekarang ini atau malah kompatibel dengan versi di atas dari yang kalian gunakan sekarang ini. Memang susah-susah gampang. Namun untuk hasil akhirnya jangan di tanyakan lagi.

Bahkan ada juga kasus Template eror setelah versi Wordpress di Upgrade karena ketidak kompatibel template dengan versi wordpress yang baru.

Cara mengatasinya yang akan saya rangkum sedemikian rupa supaya kalian mudah untuk memahami.

1, Reinstall Ulang Template 
Ini memang salah satu metode yang baik untuk mengatasi stylesheet is missing atau hilang, biasanya cara ini dinilai efektif untuk mengatasi hilangnya stylesheet. Namun belum tentu tema yang kalian punya bisa berhasil di install dan bisa di terap kan di website kalian karena dengan cara ini ada yang berhasil dan ada yang tidak berhasil atau failed atau gagal.

2,Cek ada tidaknya Style.Css
Kaberadaan style.css ini memang sangat diperlukan karena ini adalah style merupakan semacam desain atau gaya tema kalian.

3,Download Tema Langsung Dari Menu Dashboard Wordpress Administrator
Dengan cara ini pastinya wordpress telah mencarikan tema yang kompatibel dengan versi Wordpress kalian dan juga ini di nilai praktis karena tidak perlu mendowload dan menyimpannya di komputer kalian.

selain tema kompatibel dengan versi wordpress kalian, wordpress juga menyediakan kumpulan tema mulai dari tema untuk personal blog, blog bisnis sampai blog website untuk hal yang bersifat komersial seperti toko online.

Karena kalian hanya tinggal menerapkannya saja sesuai dengan selera kalian.

maka untuk itu sebelum kalian melakukan pembaruan pada versi wp kalian harus mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Sekian artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Stylesheet Is Missing Lengkap Dengaan Penyebabnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Panduan Lengkap] Mengatasi Stylesheet Is Missing di Tema Wordpress"

Post a Comment