11 Cara Berhemat saat kuliah dan Pilih tempat Kostan

Anomika Tips, Cara hidup hemat saat kuliah, Tips Ngirit anak Kuliahan – kalian pasti menginginkan kuliah dengan hasil dan predikat memuaskan apalagi sampai ke jenjang tertinggi dan bahkan menempuh pendidikan diluar negeri, punya banyak title dan itu sesuatu yang paling diidam-idamkan para pelajar.

Kuliah adalah salah satu jenjang tertinggi  dalam tingkatan belajar manusia dan juga  pemantapan pribadi dalam suatu bidang tertentu yang sesuai kemampuannya masing-masing. Kuliah sendiri merupakan suatu ajang mahasiswa untuk bertukar pendapat, bertingkah konyol dan kadang tampil menonjol di kampus untuk mendapatkan perhatian lawan main mereka.
cara menabung ala mahasiswa  cara menghemat uang bulanan anak kost  rata rata uang saku mahasiswa  cara menghemat uang bagi mahasiswa  berapa uang bulanan mahasiswa  cara mengatur uang bulanan mahasiswa  daftar kebutuhan mahasiswa  tips hemat ala mahasiswa
Terkadang dalam kuliah kita bisa dibuat stress karena bertepatan mendapatkan dosen yang galaknya minta ampun, selain itu tugas skripsi harus selesai sebelum semester 6 akhir. Dan disinilah kedewasaan pelajar dilatih mau jadi apakah mereka di kemudian hari.

Namun disitulah akan menimbulkan kenangan tersendiri yang susah dilupakan dan hal tersebut wajar sebagai seorang pelajar apalagi mereka yang berusia masih muda.
Kuliah sendiri merupakan salah satu awal kalian menuju kesuksesan, tidak hanya kesuksesan yang akan kalian dapatkan melainkan kesempatan mendapatkan jodoh teman seperkuliahan semakin besar.

Dari semua gambaran tadi tentunya dunia  perkuliahan tidak semulus yang dibayangkan, apalagi kita harus hidup  mandiri di Metropolitan yang tentunya kita harus mulai setiti dalam segala hal. Mulai dari pendapatan dan pembatasan pengeluaran tambahan.

Kemandirian itu sangat diperlukan. Coba kalian bayangkan! Hidup sendiri di lingkungan kos, jauh dari perhatian orang tua, jauh dari kerabat, mencari dan memenuhi kebutuhan pribadi terutama dalam kebutuhan financial.

Tidak sedikit para pelajar mengalami beberapa masalah dalam segi financial karena masih belum berbaurnya dengan pekerjaan, walaupun kalian kuliah sambil kerja tentunya juga harus memperhatikan financial ini. Jika tidak kalian akan mengalami kendala yang bisa menggangu aktifitas kulaih kalian.

Pada umumnya biaya kuliah reguler lebih murah dari dengan kelas karyawan, jadi bagi kalian para lulusan sma sederajat sebaiknya memilih kelas reguler. Tapi kalau kalian sudah bekerja, ya mau tak mau harus memilih kelas karyawan.

Oke, kali ini Admin Anomika akan memberi tips bagaimana mengatur keuangan atau finansial dengan bijak dan berprinsip.
JADIKAN MENABUNG SEBAGAI RUTINITAS
Menabung dengan baik dan benar, merupakan kebiasaan baik yang diajarkan sejak usia dini. Menabung tidak harus jutaan per minggunya. Kita bisa menabung mulai dengan kecil tapi harus konsisten dan tidak mengenal nominal.
menabung untuk kebutuhan kuliah
mulai menabung via pixabay.com
Ingat Wisuda! Ingat skripsi!  Berarti kalian harus mempersiapkan administrasi yang tidak sedikit jumlahnya, bahkan sampai puluhan juta. Mulai dari awal pembuatan skripsi sampai dengan wisuda. Usahakan rutin dan tidak mengurangi nominal yang akan ditabungkan.

Dengan menabung juga akan melatih kalian bagaimana mengatur pengeluran dan pemasukan dengan bijak dan dari fakta yang ada bahwa banyak sekali para pelajar yang kehabisan uang saku sebelum jatah jatuh tempo.

Kalian beruntung jika masih dibiayai oleh orang yang sayang kepada kalian, tapi setidaknya kalian mulailah sadar bahwa kebutuhan kalian tidaklah semakin berkurang. Menabunglah, sesungguhnya menabung adalah salah suatu kebahagian tersendiri bagi kedua orang terkasih kalian.

MENGKLASIFIKASIKAN PENGELUARAN
Mulai sekarang buatlah pengelompokan pembelanjaan mulai dari kebutuhan pribadi dengan kebutuhan perkuliahan. Ini sangat membantu kalian dalam memanagemen pengeluaran tak penting.
cara mengelompokkan pengeluraan dan pendapatan bulanan
pemilahan pengeluaran bulanan via pixabay.com
Biasanya pengeluaran pelajar kampus berupa biaya rutin seperti sewa kamar kos, Pulsa, biaya makan setiap hari dan tentunya pengeluran untuk hal menabung. Dan untuk pengeluran tidak rutin seperti pergi hang out dengan teman, biaya fotokopi media pembelajaran, shoping dan pengeluaran tak tentu lainnya.

Jika kalian tidak mau ribet dan tak mau ambil pusing, gunakan laptop kalian sebagai catatan pemasukan dan pengeluran yang kemudian di total di akhir bulan. Itu sangat membantu kalian dalam urusan financial. Saya sarankan menggunakan aplikasi Microsoft excel karena kemudahan dalam pengolahan data berupa angka.

KERJA SAMPINGAN
Hal ini harus kalian pikirkan sebelum kalian memasuki perkuliahan atau ngampus, sebelumnya apakan kalian akan kuliah sambil bekerja atau hanya kuliah saja. Dan kerja sambil kulaih, mengapa tidak?
kerja sampingan
memanfaatkan pekerjaan sampingan via pixabay.com
Dan apakah kalian sudah terpikirkan untuk bekerja part time tanpa mengganggu jam kulaih kalian ? maka kalian harus mengambil kelas karyawan untuk bisa bekerja sampingan atau mungkin juga menjadi pekerjaan utama.

Kelas karyawan biasanya mengambil waktu pembelajaran dari sore hari sampai jam sepuluhan malam jadi ini sangat cocok sekali bagi kalian yang kuliah sambil bekerja. Banyak sekali tawaran pekerjaan seperti pelayan mulai dari kafe sampai restoran atau yang lebih mudah dan lebih banyak diminati oleh anak muda jaman sekarang adalah pekerjaan online shop. Disamping praktis dan kemudahan dalam pengelaaan.

Jika kalian sungguh seorang mahasiswa yang kerja sambil kuliah, maka kalian harus pandai-pandai mengatur dan membagi waktu antara saat kalian menjadi pekerja dan saat kalian menjadi mahasiswa. Mengapa begitu? Karena sebagian besar pelajar kurang sekali memperhatikan aspek kecil ini yang ternyata sangat penting sekali. Maka dari itu untuk menghindari kuliah yang berantakan gara-gara pekerjaan.

Saran dari saya jika kalian menekuni bisnis online shop ini adalah Konsisten, jujur dan konsisten dari segi kualitas dan kuantitas. Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil adalah lakukan apa yang ingin kalian lakukan selagi masih menguntungkan bagi kalian dan tidak merugikan orang lain dan juga dari pada kalian menganggur saat kuliah.

PEMILIHAN TEMPAT KOS
Pemilihan tempat kos sendiri mutlak dilakukan dan kali ini kalian harus benar-benar memikirkannya dengan matang-matang, apalagi ini menyangkut pengeluaran kalian di akhir bulan. Alangkah baiknya kalian memilih tempat yang jauh dari kampus tapi dengan biaya sewa kamar kos yang miring. Karena apa? Sebagian besar tempat penginapan biasanya semakin dekat dengan kampus maka biaya sewa yang dipatok semakin besar.
cara memilih tempat kost bagi mahasiswa
rumah kos-kosan via pixabay.com
Sebenarnya ada tempat kos yang dekat dengan kampus dengan biaya sewa murah, tapi kalian jangan berharap lebih karena dipastikan akan penuh sebelum kalian kesana. Dalam menentukan tempat kos mana yang akan dipilih, kalian juga harus memperhatikan beberapa aspek mulai dari fasilitas, kualitas dan juga yang paling utama adalah keamanan karena tidak selalu kalian berada di tempat kos. Untuk itu carilah tempat kos yang diperuntukkan untuk mahasiswa.

Dan jika memungkinkan mencari tempat kos yang sudah tersedia alat dapur

Tempat kos yang recommended adalah tempat kos yang ramai akan penghuni sehingga ini bisa dibilang tingkat keamanan rumah kos yang kalian huni keamanannya semakin berlapis. Dan yang lebih penting adalah jarak tempuh untuk ke kampus yang tidak terlalu jauh.

GENGSI! PIKIR KEMBALI
Teman punya handphone baru! Coba pikir kembali. Teman punya laptop terbaru! Coba pikir kembali. Dan apakah kalian memang seorang sosialita? Coba pikir kembali.
Ini merupakan bujukan terberat untuk ditinggalkan. Ingatlah biaya kalian kuliah tidaklah sedikit dan cenderung naik, maka dari itu bijak-bijak dalam pengeluranan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu penting.
cara ngirit saat kuliah
hidup mewah via pixabay.com
Gengsi memang bisa mengurangi beban pikiran, karena kita akan merasa lega karena ruang gengsi sudah terpenuhi. Namun jika ini tidak terpenuhi maka ya ujung-ujungnya stress dan lebih lagi skripsi yang kunjung belum di ACC dosen.
Dengan demikian, jauhi gengsi dari usia dini.
MULAI MENGANGSUR BIAYA KULIAH
Mengangsur merupakan cara yang sangat bagus untuk mengurangi beban biaya kalian kuliah, dan dari waktu ke waktu biaya kuliah yang belum terbayarkan akan semakin kecil. Namun ini sering sekali disepelekan oleh para pelajar dengan alasan besok ya dipikir besok mikir yang sekarang aja bikin pusing.

Itu adalah pemikiran monoton yang tidak memikirkan kendala yang akan mereka hadapi kelak, untuk wisuda kalian para mahasiswa harus lunas biaya administrasi yang nominalnya sampai puluhan juta. Pihak kampus pun  juga mengerti para mahasiswanya, maka dari itu sebagian besar kampus menerapkan biaya kuliah yang bisa diangsur atau dicicil dengan persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan di kampus tersebut.

Pengangsuran sendiri disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa. Pengangsuran biaya kuliah mencangkup biaya awal, uang pangkal dan SPP per semester. Biaya kuliah lulusan SMA sederajat atau pindahan berbeda dengan lulusan D3/Politeknik/Akademi/Sederajat dan perlu dijadikan acuan bahwa jika kalian membayarkannya lunas maka akan mendapatkan potongan biaya dari pihak kampus.

Jumlah nilai angsuran pun dari kampus ke kampus berbeda-beda dan jumlah waktu cicilan pun juga berbeda ada yang 36 kali ada juga yang sampai 40 kali.

SIMPAN TABUNGAN DI BANK
Bank merupakan salah satu sarana kalian dalam hal menabung, sebebarnya menabung itu tak harus dibank. Koperasi bisa, lewat arisan dan menabung celengan pun bisa. Namun menabung di bank ini sudah populer dan banyak digunakan banyak orang karena tertarik karena kelebihannya dibanding menabung dengan metode yang lain.

Ada banyak alasan seseorang enggan untuk menabung di bank karena mereka merasa ragu akan keberadaan bank dan minimnya pemehaman tentang keuntungan menabung di bank. Karena itulah tak yakin akan punya rekening dan kepraktisan menabung di bank.
tabung uang di bank
simpan uang di bank via pixabay,com
Bagi orang awan menabung di bank dianggap membingungkan dan cenderung sulit dan dari alasan tersebut bahwa menabung di bank itu sulit tidak sepenuhnya benar.

Lalu bagaimana cara menabungnya di bank ? kalian hanya perlu membawa tabungan dan juga uang yang akan kalian tabung nantinya, sesampai disana serahkan kepada petugas yang siap membantu kesulitan kalian dalam hal nabung-menabung. Namun sebelum itu pastikan kalian memilih bank yang cocok dengan keinginan, yang perlu diperhatikan adalah suku bunganya.
 
Tidak sedikit bank yang menawarkan suku bunga yang tinggi kepada para calon nasabahnya. Saya sarankan untuk memilih bank konvensional. Mengapa ? karena keunggulannya. Pertama, Bank konvensional pastinya berbunga. Semakin besar tabungan kalian maka semakin besar pula bunga yang kalian peroleh.

Disamping aman, mudah dan berhadiah, kalian juga bisa mensiasati keuangan lebih terencana sehingga kebutuhan-kebutuhan kita mulai dari kebutuhan primer dan sekunder sebagai pelajar lambat laun akan terpenuhi.

Selain itu kalian akan menjumpai kemudahan lainnya karena lebih praktis seperti adanya fitur ATM, Internet Bangking, Mobile Bangking dan yang lainnya. Dengan keuntungan dan keunggulan memilih bank konvensial, sudahkah kalian terpikirkan untuk menabung di bank konvensial?
 
PEMILIHAN TRANSPORTASI
Kalian butuh puluhan menit untuk sampai di kampus? Bingung mencari moda transportasi yang cocok untuk kantong mahasiswa? Tips yang paling brilian yaitu dengan menggunakan moda transportasi umun yang mana ini sangat efisien sekali bagi kalian yang mau ngirit. Seperti angkot dan bus reguler pas banget bagi kalian, dengan harga murah dan bisa meminimalisir biaya transport sekaligus sudah membantu mengurangi kemacetan di metropolitan.

Namun alangkah baiknya jika kalian pergi ke kampus dengan jalan kaki karena bisa meniadakan biaya transportasi. Dengan jalan kaki nantinya kalian akan menemukan idea atau gagasan kalian dalam menentukan tema untuk dibuat skripsi, nah biasaya ide skripsi datang dari hal yang tidak diduga.

Jika menggunakan transportasi umum dirasa tidak memungkinkan, penggunaan kendaraan pribadi juga efektif. Kekurangan menggunakan transportasi umum yang menjadi kendala adalah saat waktu macet dan ini lebih baik jalan kaki  untuk ke kampus.

KURANGI KEBUTUHAN TERSIER
kebutuhan tersier sendiri merupakan salah satu jenis kebutuhan manusia, kebutuhan ini mempunyai perbedaan yang sangat menonjol dari kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder dan kebutuhan jenis ini adalah kebutuhan tertinggi manusia.

Kebutuhan tersier muncul jika kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, dengan kata lain kebutuhan ini merupakan kebutuhan pelengkap. Dan juga disebut-sebut sebagai kebutuhan yang bersifatkan prestisius. Maksudnya yaitu seseorang yang mampu memenuhi kebutuhan mereka secara tidak langsung akan terangkat harkat dan martabatnya di masyarakat.

Rasio kebutuhan ini terpenuhi sangat kecil sekali, karena kebutuhan ini biasanya hanya dapat dipenuhi oleh masyarakat yang berekonomikan sangat mapan atau orang kaya. Kebutuhan ini meliputi perhiasan, kendaraan pribadi, dan kebutuhan lainnya.

Saya misalkan jika kalian adalah wanita yang setiap 1 minggu sekali pergi ke salon untuk perawatan, maka kurangi menjadi 1 per 2 minggu sekali.

Kebutuhan ini bisa saja mengimbangi pengeluaran primer dan sekunder. Kita ambil beberapa contohnya saja seperti update gadget, ke mall, malam mingguan dan apalagi shopping barang penungjang penampilan. Oke sekarang mulai sadarlah bahwa itulah tiada penting dan justru malah akan menimbulkan dampak negatif yang tidak pernah kalian bayangkan sebagai seorang pelajar.

MEMBAWA BEKAL
Kuliah itu saat kita jauh dari orang tua, yang setiap pagi kita dibuatkan sarapan dan sekarang mulai dari bangun pagi harus dengan kemandirian. Tak sedikit juga pelajar yang tidak sempat menyediakan bekal karena dikejar waktu.
kuliah hemat dengan membawa bekal
belajar mulai membawa bekal via pixabay.com
Mensiasatinya pun tidak terlalu sulit, kalian harus pagi lebih awal dari biasanya. Kemudian membuat bekal sambil menyiapkan atau prepare perlengkapan kuliah. Dengan demikian kalian akan tenang ke kampusnya.

Menyediakan bekal itu tak harus muluk-muluk, dan satu kunci yang kalian harus pegang yaitu tak usah malu. Dari fakta yang ada ternyata membawa bekal lebih murah dari kita beli di kafe ataupun restoran dan ternyata lebih murah dari kantin sekolahan.
 
Bekal yang kita buat tentuya lebih higienis dan pasti lebih terjamin dari kita membeli dari luar, karena kita tak tahu bahan bakunya seperti apa, pengolahannya seperti apa, sehat apa tidak dan yang paling penting dari semua ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran. So! Sudah siapkah kalian membuat bekal esok pagi?

MEMANFAATKAN FASILITAS PERPUSTAKAAN KAMPUS
Sumber bahan ajar yang dikenal paling mahal dan dinilai tidak bersahabat dengan kantong mahasiswa adalah buku pembelajarannya dan sekali lagi kita perlu buku itu. Jadi mau gimana lagi?

Apalagi dosen mewajibkan para mahasiswanya untuk memilikinya, terlebih lagi kita mengambil banyak sekali mata perkuliahan. Tapi tenang, kita bisa memanfaatkan perpustakaan sekolah yang disediakan untuk siswanya.

Pespustakaan kampus sendiri sudah di bekali dengan konten-konten pembelajaran siswa didik, dan pihak kampus sudah menyortir buku apa yang harus ada di perpustakaan kampus tersebut.

Oke sahabat anomika tips kali ini, dalam dunia perkuliahan kita harus banyak berkorban dan berjuang yang semata-mata untuk masa depan. Rela capek dan juga waktu tidur yang semakin menipis. Namun itu kembali ke diri kita sendiri, bagaimana kita mengatur hal financial sampai dengan pintar-pintar mengefisiensi waktu untuk hal yang bermanfaat.

Sebenarnya banyak sekali tips berhemat saat kuliah dan artikel kali ini hanya tips ampuhnya yang banyak sekali di terapkan mayoritas mahasiswa. Jadi versi berhemat dari orang ke orang berbeda. Dan lakukan yang terbaik karena ini untuk diri sendiri.

Sekian dulu artikel dari anomika tips. Untuk bisa membaca artikel kami selanjutnya dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada kawan-kawan sekalian. Silahkan berlangganan lewat e-mail ya. Terima kasih. (5/22/2017)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Cara Berhemat saat kuliah dan Pilih tempat Kostan"

Post a Comment