Saturday, August 4, 2018

Cara membuat jaringan wifi gratis di rumah murah

Buat Wifi gratis sederhana di rumah 

Internet nirkabel adalah atau yang disebut dengan wifi merupakan suatu langkah tanpa memerlukan banyak sekali kabel jaringan. Penggunaan wifi ini sendiri dinilai sangat praktis bagi mereka yang perlu kebutuhan internet setiap hari. Betapa tidak, keberadaan jaringan nirkabel ini banyak sekali diminati oleh para netters. Tidak perlu lagi kabel LAN yang semrawut di sudut ruangan dan tak perlu lagi mengeluarkan ongkos tambahan.

Perawatan sendiri juga mudah sekali, tanpa pengecekan rutin perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan. Kalian hanya perlu melakukan pengecekan secara berkala pada piranti wirelles, seperti wifi router, kabel dan antena.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa langkah untuk membangun jaringan wifi hratis dirumah. Tanpa harus membayar internet bulanan yang perlu diketahui jaman sekarang harganya semakin mahal. Dan pastinya banyak juga yang kita inginkan yaitu akses internet yang super cepat namun tanpa biaya atau gratis. Wifi gratis sendiri biasanya tersedia di Bank, Sekolah dan kantor instansi.


Namun daerah yang anda tinggali harus memenuhi beberapa kriteria wajib untuk membuat rencana wifi gratis ini. Tempat anda secara tidak langsung tidak terlalu jauh dengan sumber koneksi wifi gratisnya, yang ponsel pintar tidak menjangkaunya. 


Dalam melakukan praktik kali ini, bahan yang kalian perlukan adalah Wifi router, kabel, dan antena jika jarak dengan sumber internet terasa jauh. Penggunaan internet disini yaitu untuk membantu menangkap sinyal wifi dan sekaligus nantinya akan dipancarkan kembali melalui wifi router.


Kebetulan saya menggunakan sebuah wifi router yang sudah dari pabrikan dilengkapi dengan sebuah antena kecil. Harganya sendiri relatif murah menurut saya karena dengan harga tersebut, pembeli akan mendapatkan wifi router multi fungsi. saya menggunakan wifi router TP link wr701nd seharga 200 ribuan. Dalam paket pembelian kemarin saya mendapatkan 1 unit charge, POE, antena kecil dan sebuah unit tl wr.701nd. Dan tidak ketinggalan juga beberapa panduan setting manual perangkat tersebut.


Berat perangkatnya pun ringan dan sangatlah aman jika diletakkan di tempat yang tinggi. Bisa kalian rekatkan dengan lem dan tanpa khawatir perangkat akan mudah lepas. Terdapat lima lampu indikator, yang tiga diantaranya lampu setting, pancaran wifi dan tentunya lampu WPS.


Sebenarnya banyak merek lain yang juga lumayan bagus.Seperti Asus, Netgear, Xiaomi, LInksys, Archer Tp link, Dlink, dan yang lain yang tidak saya sebutkan satu persatu. Dengan harga yang bervariasi yang disesuaikan dengan fitur dan keunggulan di setiap masing-masing perangkat.

Pada buku panduan tersebut kalian nantinya akan diberi petunjuk secara simple dan detail, mulai dari setting sampai dengan perangkat bisa digunakan. Dan kali ini saya akan membagikan kepada kalian membangun kembali jaringan wifi dari jaringan wifi yang lain. Yaitu membangung SSID baru namun dengan pada jaringan yang sama.


Pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menghubungkan perangkat TL WR701ND ke sumber tegangan. kemudian AP dari kalian akan memancarkan wifi, lalu sambungkan perangkat kalian boleh menggunakan android atau menggunakan pc yang support wifi.


Pada tutorial kali ini saya menggunakan perantara penyetingan dengan menggunakan perangkat Android agar lebih mudah dan simple dari segi interface. Saya menggunakan Browser Google chrome, karena saya sudah terbiasa menggunakan browser ini.

Sambungkan wifi hp dengan wifi pancaran TP-LINK

Dalam penyambungan ini secara default dari wifi router tidak memberi keamanan kepada setiap user untuk melakukan penyetingan, jadi kita hanya perlu menyambungkannya saja. Yang secara otomatis penyambungan ini hanya bisa dilakukan oleh satu user saja. Jika disambungkan dengan dua perangkat maka dari wifi router sendiri tidak menerima, karena nantinya akan terjadi bentrok. Bentrok disini bisa diartikan dengan jika kedua melakukan penyetingan maka sudah bisa disimpulkan akan terjadi perbedaan setting sejak awal di wifi router.

Sambungkan dengan perangkat kalian, apa saja yang bisa terkoneksi dengan jaringan wifi. Selain perangkat yang bisa di dalam ruang lingkup jaringan nirkabel, menggunakan PC juga bisa sebenarnya. Yaitu dengan menggunakan Kabel LAN yang di hubungkan dengan perangkat Wifi router.


Jika perangkat kalian gagal dalam penyambungan maka yang harus kalian lakukan adalah dengan melakukang penyetingan default gateway dengan ip address default 192.168.0.254. Kalian cukup menuliskan ip address tersebut di address bar browser kalian.


Mulai log in ke Perangkat Wifi Router

wifi gratis di rumah murah


Log in sendiri user sudah dibekali dengan satu autentikasi masuk berupa username dan password yang juga ada dibalik perangkat. Yang secara default yaitu Username : admin dan password : admin. Kemudian ada dialog yang menanyakan apakah akun log in kalian akan disimpan atau tidak oleh mesin penjelajah.



wifi gratis di rumah murah

Kemudian kalian akan disuguhkan dengan menu penyetelan cepat atau Quick Setup, yang mana metode ini lebih cepat dibandingkan menu yang lain. Sebenarnya sama juga penyetingannya jika kalian menyeting dengan mode yang satunya, tapi prosesnya agak lama. Bisa dihitung jika menggunakan metode yang kedua perangkat kalian akan melakukan reboot dua kali. Dan itu sangat menyita waktu kalian.



wifi gratis di rumah murah
Kali ini saya menggunakan metode yang kedua yang mana perangkat ini sudah saya gunakan sebelum membuat artikel ini. Jadi sangat disayangkan jika nantinya saya mereset perangkat yang saya gunakan ini. Jika kalian lebih suka yang setting ala ala cepat, kalian tinggal klik next pada bagian quick setup.
Nanti kalian tinggal pilih mau menyeting wifi router kalian seperti apa. Ada beberapa pilihan mode operation yaitu Access Point, Multi SSID, Repeater, Brigde with AP dan Client. Menggunakan pilihan Bridge with AP di tutorial kali ini, karena saya ingin menggunakan jaringan ini sendiri. Dan juga khawatir nantinya akan lemot jika digunakan bersamaan.

Bridge with AP ini dimaksudkan adalah seperti repeater tapi nanti diberi opsi yakni sebagai jembatan antara jaringan internet pusat dengan router kalian. 
wifi gratis di rumah murah
Penyetingan yang saya lakukan ini melalui operation mode, dengan memilih Brige with AP. Setting yang cukup mudah, kalian tinggal memasukkan beberapa opsi seperti password wifi pusat. Yang kalian akan dijadikan server internet. Klik survey untuk melihat ketersediaan jaringan wifi. terserah kalian pilih yang mana, yang terpenting adalah pilih jairngan yang bersinyal kuat dan kalian juga tahu passwordnya. Penyetingan ini bisa kalian lakukan di menu wirelless bridge.

Setting Wirelles Access Point kalian

Penyetingan ini dilakukan dengan sangat seksama dan teliti karena akan mempengaruhi hasilnya nanti. Pertama, yaitu penyetingan pada bagian Bridge wirelless setting. Pada opsi ini ada beberapa penyetingan yang harus kalian seting agar wifi router kalian berfungsi. Ada dua yakni nama remote ap dan Mac remote ap, tapi jika kalian tidak mau ribet cukup klik survey saja. Nanti akan muncul list akses poin beserta jumlah saluran dan juga kekuatan sinyal.(dalam db).

Cara yang saya sampaikan ini adalah yang sudah melakukan penyetingan. Jika untuk pertama kali atau setelah tp link melakukan reset. Maka pada operation mode nantinya akan melakukan reboot  setelah save pada opsi yang kalian pilih.

Klik connect, nanti akan kembali lagi ke menu yang tadi. Selanjutnya penyetingan di bagian wifi kalian. isikan nama ssid kalian dan juga negara kalian sekarang ini berada, Tp link berada. lalu dimana mengatur passwordnya ?

Password wifi kalian berada di wirelles security yang bisa kalian pilih sendiri mode keamanannya. Ada 3 model yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Jika sudah dalam penyetingan, jangan lupa untuk menyimpan pengaturannya tadi. Pengaturan tidak mengalami perubahan sebelum device di reboot.
    wifi gratis di rumah murah
Nanti device wifi router kalian akan melakukan restart. Proses restart ini kurang lebih membutukan waktu sekitar 90-100 detik. Dan penyetingan pun selesai dan selamat menikmati wifi gratis.

No comments:

Post a Comment

Bagikan keluh kesah anda dengan kami. :)