Saturday, August 4, 2018

[Review] Alat Pengiris Bawang Kayu Jati

Dalam menggunakan fungsi suatu barang atau alat kita harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya aspek waktu dan kegunaan dari barang tersebut. Suatu barang bisa dikatakan mempunyai nilai yang tinggi harus terdapat nilai fungsi dari kedua tersebut.


Salah satunya alat pengiris bawang ini, yang mana telah mencakup dua aspek penting diatas. Yang mana alat ini sudah mampu menjadi alat pemuas kebutuhan, terutama sebagai pelengkap peralatan dapur kita. Dalam pemilihan alat pun harus juga disesuaikan dengan kebutuhan, dalam artian bisa untuk keperluan usaha atau sebagainya.


Dalam penggunaan alat ini pun jauh lebih efisien dibandingkan dengan manual. Sebagai contoh saja, mengiris bawang dengan pisau atau manual tentu nya harus dilakukan satu persatu. Dan akan susah sekali jika lebih dari satu menggunakan pisau dapur, dan terasa tidak mengefisiensikan waktu. Seberapa efisien alat ini bisa mengalahkan pemotongan dengan menggunakan pisau dapur walaupun sudah ahli sekalipun.


Dengan menggunakan alat ini, Pengirisan dilakukan secara bersamaan. Dilengkapi dengan wadah bawang yang lebih lega, kita dapat menampung bawang kupas kurang lebih 250gr untuk pasah pengiris ukuran sedang. 400gr untuk ukuran besar dan 550gr ukuran jumbo atau yang paling besar.


Wadah yang lebih lega tentunya pengirisan bawang juga akan cepat, dan juga disokong dengan pisau super tajam berbahan stainless. Pisau yang tajam nantinya akan menghasilkan irisan yang sempurna tanpa ada kerusakan.
alat pengiris bawang
Alat iris dari kayu ini memang dibekali dengan desain dan ukuran presisi disetiap sudut-sudutnya. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan kerja pada saat alat pengiris ini digunakan. Tangan atau jari kita terkena pisau sangatlah berakibat fatal, demikian alat ini diberi keamanan yang mengandalkan wadah irisan.


Berikut detail, spesifikasi lengkap dengan keunggulan alat pengiris bawang ini.

Kerangka dan kaki-kaki

Model pasah sampai dengan kaki-kaki, pasah ini mengadopsi dari alat yang sudah ada sebelumnya dan juga inovasi dari beberapa sektor. Diantaranya kemananan dan bagaimana alat ini nyaman pada waktu digunakan.


Kayu jati adalah material yang sengaja dipilih untuk membangun alat iris ini. Berdasarkan pengalaman para mebeler bertahun-tahun, memilih dengan alasan keawetan dan kualitasnya walau harga relatif mahal. Penggunaan kayu jati ini full pada setiap komponen vital alat ini, mulai dari papan pasah sampai penahan semua menggunakan kayu jati.


Jika kalian bertanya-tanya atau berargumen alat ini sangat mahal, kalian harus membaca artikel ini dengan seksama.


Pengubahan yang disebut adalah yang biasa dalam pengerjaan diletakkan secara vertikal namun alat ini didesain agar dalam waktu penggunaan diletakkan secara horisontal. Hal ini dimaksudkan agar pengguna tidak cepat lelah karena sebelumnya kedua tangan pengguna memegang pasah tanpa bersandar.


Sketsa penggunaan pasah

Kemudian pemberian kaki-kaki bertujuan untuk membuat rongga pasah, sehingga hasil irisan langsung tertampung pada wadah yang disediakan. Bagian kaki-kaki ini dirancang portable artinya bisa lepas pasang, jika kita ingin memodifnya kembali itu sangatlah berguna sekali.


Banyak yang bertanya Bagaimana simulasi dan cara kerja alat pengiris ini? Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas, bahwasannya alat ini cara kerjanya tidak secara berdiri melainkan secara terbaring atau horisontal. Tenaga jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan secara berdiri.


Pertama, pasang semua part-nya pada masing masing tempat, wadah irisan, kaki-kaki sampai penahan irisan. Jika semua sudah terpasang, masukkan bahan yang akan diiris ke dalam wadah dan tekan menggunakan tutup penahan. Untuk bawang merah, usahakan beri sedikit ruang untuk tempat penahan. Gerakkan wadah maju mundur tanpa menekan wadah kebawah, dengan begitu proses pengirisan bawang akan berjalan lancar. Lama pengirisan ini tergantung dari penggunanya sendiri, waktu standar yang dibutuhkan untuk mengiris satu kali pengirisan kurang lebih 60 detik.


Keamanan dan hasil irisan

Pisau yang tajam, banyak orang yang menanyakan akan keamanannya saat digunakan. Hal yang tidak diinginkan pasti dikhawatirkan oleh pengguna, namun jangan risau akan hal itu. Sebagai alat pengiris bawang termutakhir dan juga konsep yang tepat guna maka alat ini sudah diusung dengan keamanan tinggi.


Bahan yang akan diiris nantinya diberi wadah yang sudah disediakan yang mengikuti pergerakan bahan yang akan diiris. Jadi kita tidak perlu repot-repot memegang bahan irisan, cukup dengan memegang wadahnya saja sembari menggerakkan maju-mundur berirama.


Bagaimana dengan hasilnya? Sebagai alat pemuas kebutuhan, hasil irisan bawang ini tidak mengecewakan. Hasilnya bawang teriris dengan ketebalan yang sama dan juga bisa sampai ketebalan paling tipis 1mm.


Bagaimana sangat membantu bukan?

No comments:

Post a Comment

Bagikan keluh kesah anda dengan kami. :)