Monday, September 3, 2018

Rekomendari alat pengiris pisang murah untuk memulai usaha

Rekomendari alat pengiris pisang untuk memulai usaha - Era Global sekarang ini banyak sekali bisnis usaha dengan penghasilan luar biasa, dan belum terlalu banyak peminatnya. Bisnis sendiri dibedakan menjadi dua yaitu bisnis online dan bisnis berwujud nyata. Yang perlu anda tahu bahwa suatu bisnis ini tidak langsung sukses dan berhasil melainkan harus diikuti dengan kegagalan dan perjuangan. Saya contohkan seperti perusahaan besar Alibaba yang didirikan oleh Jack Ma, sebelum ia sukses banyak sekali kegagalan sebelumnya. Anda bisa mengambil point penting bahwa dibalik orang yang sukses banyak sekali gagal dan tidak mudah menyerah. Belajar dari kegagalan yang pernah dialami dan memperlajari hal apa yang membuat suatu bisnis gagal. Bukan perkara yang sulit selagi ada tekad dan kemauan untuk berusaha. 

Pada artikel kali ini saya akan membahas tema yang ada kaitannya dengan bisnis yang mudah anda jalani dan tidak beresiko besar jika mengalami kegagalan. Sebelum itu memulai sebuah usaha, saya sarankan untuk yakin bahwa anda itu bisa. Jangan mudah mengambil keputusan anda akan gagal di tengah jalan. mengapa ? tidak sedikit orang yang mudah sekali memiliki rasa pesimis sebelum menjalaninya. Ingat! bahwa tidak semua usaha akan berjalan mulus, adakalanya suatu bisnis dan usaha berasa di titik bawah. Tapi anda harus percaya bahwa bisnis bisa berada di ambang kejayaan. Buang jauh-jauh rasa gagal itu dari diri anda, percayalah pintu sukses di depat mata.

Dalam keinginan kuat untuk membuka usaha sendiri harus didasarkan pada permintaan pasar akan barang. Pasar sendiri adalah komponen penting usaha, dimana letak keberlangsungnya bisnis anda berada. kebingungan memilih usaha pasti terjadi pada starter atau pemula dalam bisnis. Masalah itu relatif tergantung dari individu, biasanya berbeda-beda. Mengatasi hal itu sangat mudah, anda bisa mengikuti seminar-seminar tentang dunia bisnis. Bisa menambah wawasan dan juga pola pikir untuk menemukan gagasan ide. Dan banyak juga ide usaha yang tiba-tiba datang tanpa anda sadari, disebabkan oleh penglihatan dan pendengaran. 

Dikutip dari beberapa ahli bahwa usaha yang bagus adalah bisnis yang sesuai dengan hobby anda, misal hobby anda memancing lalu anda bisa membuka toko alat pancing. Namun yang perlu anda perhatikan juga adalah kompetitor anda, dan yang paling penting adalah tempat strategisnya.

Namun daripada anda pusing memikirkan usaha yang bagus, alangkah baik boleh mencoba saran usaha dari saya. Bisnis ini adalah usaha keripik pisang, jajanan tidak mengenal musim. Tidak seperti usaha Es Krim yang hanya laris pada musim kemarau. Walau sudah banyak sekali pabrik besar yang memproduksi dengan varian rasa yang lezat, enak, dan gurih. Namun jangan putus semangat dulu, apakah juga banyak peminatnya ? Saya akan cerita sedikit tentang keripik pisang buatan pabrik, dan tidak menjatuhkan produk manapun. Tidak sedikit juga orang yang suka dengan olahan keripik pisang rumahan karena rasa khas dan tentunya isi lebih banyak dari buatan pabrik. Di pabrik sendiri juga memperkerjakan tenaga yang banyak dan belum juga untuk biaya iklan, jadi isi keripik pisang dikurangi untuk biaya tersebut. Sudahkah anda yakin?

Lalu bagaimana anda memulainya? Belajar atau menjiplak dari produk keripik rumahan yang ada dipasaran. Anda bisa menjiplak dari kompetitor yang sudah punya tempat di pasaran, bisa dari harga nya, varian rasa apa saja yang paling di minati dan juga dapat berapa banyak dari harga tersebut. Dengan modal perkiraan saja, saya yakin anda bisa menakarnya. Sebagai acuan anda bisa membeli dua jenis yaitu ada yang perbungkus dan per kilo gram.

Kemudian yang perlu anda persiapkan alat bahan dan jangan lupa untuk membuat daftar harga, untuk menghitung selisih pengeluran dan pendapatan.Pastikan anda mendapatkan harga termurah, berikut alat dan bahan yang diperlukan.
  1. Pisang jenis khusus keripik, bisa salah satu ( Pisang Ambon, Kepok, Nangka, Tanduk, dan lain-lain ).
  2. Pengiris keripik Pisang ( sudah waktunya anda menggunakan alat pemotong pisang untuk menyingkat waktu dan tenaga ).
  3. Penggorengan ( Minyak, Khusus untuk alat penggorengan tidak perlu dimasukkan dalam daftar pengeluaran karena tidak sekali pakai ).
  4. Peralatan packing atau pengemasan ( lengkap dengan label menarik, plastik sealer dan plastik ).
Berikut daftar kisaran harga alat dan bahan diatas :
  1. Pisang Ambon per tandan isi 6 sisir @ 9-10 buah pisang Rp60.000,- ( ambil sample untuk ukuran sedang, yang pas untuk keripik ).
  2. Pengiris keripik Rp 65.000,-.
  3. Bumbu tabur aneka rasa Rp 10.000,-.
  4. Minyak 2 L Rp 24.000,-
  5. Plastik Sealer mini  Rp 12.000,-.
  6. Kemasan plastik keripik pisang, bisa tidak perlu di ikutkan tidak apa-apa karena satu pack untuk banyak pengemasan. Kisaran harga tebal Rp 10.500,-.
Pemilihan jenis Pisang
Pilih pisang yang cocok untuk dijadikan keripik ( seperti tingkat kemangkalan buah ), anda bisa minta saran ke penjual pisang. Sebagai contoh saya menggunakan pisang jenis Ambon karena besar dan juga harga sangat murah cocok untuk pebisnis pemula. 

Usahakan beli pisang dalam bentuk tandan karena harga selisih dengan anda beli per sisir. Dan alangkah baiknya anda beli langsung ke pengepul, pengepul tingkat pertama memberi harga yang lebih murah.

Pengiris Keripik Pisang
Sesuai dengan harga diatas, saya merekomendasikan alat pengiris seharga kisaran Rp 65.000,-an. Bukan alat mesin ataupun produk impor dari china melainkan terbuat dari kayu jati. Itu alasan harga yang ditawarkan cenderung relatif mahal. Saya punya alat tersebut untuk perlengkapan dapur dan juga untuk buat keripik jika tidak ada camilan di rumah. Saya menyarankan alat ini untuk anda, sesuai dari pengalaman saya alat ini sangat membantu sekali dalam pembuatan keripik. Bisa untuk selain keripik pisang, singkong, kentang, ubi bahkan adonan kerupuk.

Pengiris ini bisa anda pakai selama  mungkin dalam pemotongan pisang, awet digunakan bertahun-tahun. Yang perlu diperhatikan adalah pisaunya, jika tumpul bisa diasah dan ganti.Saya biasa membersihkan ( cuci ) sehabis digunakan untuk mengiris bumbu dapur.

Betapa membantunya alat ini bisa mengiris pisang dengan sangat cepat. Dari perhitungan saya bisa mengiris pisang perbiji hanya memerlukan waktu sekitar 30 detik saja tergantung anda. Sebelum membeli alat ini saya minta untuk modifikasi ukuran wadah tempat wadahnya untuk muat lebih banyak. Ukuran standar wadahnya yaitu panjang 12 cm, lebar, dan tinggi 6 cm.

Mengiris lebih tipis nantinya menghasilkan irisan Pisang lebih banyak dan menyingkat waktu penggorengan. Alat ini sudah dilengkapi dengan pengatur keripisan dan tidak meleset pada saat pengirisan. Sangat menguntunkan bukan ? keripik pisang jadi matang merata.

Jika memungkin 1 buah pisang yang diiris tipis bisa untuk 1 bungkus penuh, bisa anda jual seharga Rp 5.000,-.

Waktu itu saya beli alat tersebut dari Griyapasah Surakarta, merupakan salah satu produsen dan penyuplai peralatan dapur dan kebutuhan usaha seperti halnya Pengiris keripik dan bumbu dapur, parut kelapa model putar, dan penyerut es balok.

Sedikit mengulas tentang parut kelapa model putar ini katanya terinspirasi dari mesin parut kelapa modern tenaga dinamo dan mesin diesel. Cara kerjanya hampir sama, nanti disediakan tuas pemutar untuk menggerakan pisau bergerigi. Cara memarutnya tangan kanan memutar tuas sedangkan tangan kiri memegang pasah dan kelapanya. Musah bukan ? untuk hasil sendiri sama seperti parut kelapa kebanyakan, yang beda adalah waktu yang diperlukan lebih sedikit dan tak perlu tenaga besar.
alat pengiris pisang murah
Lebih banyak tahu tentang produk dari Griyapasah, tempat saya beli alat pengiris keripik ini. Silahkan menghubungi kontak di bawah ini.


INFO dan Pemesanan 24 jam serius silakan kontak atau Klik beli ( Link ke pesan otomatis ke whatsapp ) :
Format pesan : Nama/alamatlengkap/jumlah ( kirim ke salah satu kontak di bawah ini ).
📱BB D71AAC08
📱WA 085867088240
Alamat produksi jatipurno wonogiri Jawa Tengah siap kirim dihari kerja via JNE, POS & J&T.
Untuk lebih jelas Silahkan klik https://goo.gl/nBCDMR.

Minyak
Dikutip dari USDA minyak lebih baik tidak digunakan jika lebih dari 3 kali pemakaian, karena sudah berkurang kandungan zat sehatnya. Namun ada versi lain, minyak sudah tidak layak digunakan atau orang banyak menyebutnya dengan Jelantah tergantung untuk menggoreng apa. Warna gelap, kental, dan berbau tengik adalah cirinya.

Jika minyak lebih dari 3 kali pemakaian tidak mengalami perubahan buruk seperti diatas, bisa digunakan 4-5 kali penggoorengan. Untuk menggoreng keripik pisang sendiri tidak terlalu mudah membuat minyak cepat kotor dan keruh.Gunakan teknik api stabil dan genangan minyak wajan besar. Jika sudah kotor jangan digunakan lagi, bisa mempengaruhi rasa akhir dan warna keripik pisang ( biasanya sedikit pahit warna sedikit kecoklatan ).

Label
Gunakan label yang menarik, memikat, dan berlogokan halal dan jangan lupa harga nya, jika harga Rp 4.500,- maka tulis Rp 5.000,-, Rp 500,- untuk keuntungan warung dimana anda menitipkan dagangan tersebut.

Kemudian saya total perkiraan anda yang terhitung yaitu sebesar Rp 176.500 untuk modal pertama,  modal selanjutnya beli bahan yang habis dan sekiranya diperlukan. Seperti buah Pisang, minyak goreng, plastik, dan bumbu tabur sebesar Rp 104.500,-.

Bila dari modal pertama, anda berhasil menjual semuanya ( kurang lebih 60 bungkus ). keuntungan cukup fantastis sebesar Rp 93.500,- sudah dikurangi dengan biaya alat dan bahan. Keuntungan kedua sebesar Rp 165.500,-. Jika permintaan besar karena keripik enak, gurih, dan banyak peminat. Perminggu bisa di perkirakan bisa menggoreng 4-5 kali dengan kisaran pendapatan bersih Rp 735.500,-, sebulan Rp 3.014.000,- belum termasuk transportasi. 

Catatan penting, per toko biasanya hanya menerima 15 - 20 bungkus sedangkan untuk warung-warung biasanya 10-15 bungkus. Jadi perlu 3 warung untuk keripik anda titipkan. Saya yakin pasti banyak warung atau toko yang dekat dengan daerah anda.

No comments:

Post a Comment

Bagikan keluh kesah anda dengan kami. :)